Rabu, 16 Februari 2011

Membaca dan Kotaku

Ada kebiasaan lama yang sekarang kumat lagi.
Tapi percayalah, ini kebiasaan baik teman. Yaitu membaca disore hari di tempat indah.

Semasa sekolah dulu, ada beberapa tempat yang sering aku kunjungi untuk membaca.
Tidak terlalu jauh dari rumah, sekitar 1 kilometer dari rumahku, ada air terjun, tidak terlalu tinggi. Sekitar 3 meter tingginya. Dulu bersama teman-teman SD hampir setiap hari bermain disana. Air yang mengalir langsung dari gunung membuatnya selalu jernih. Dulu airnya cukup besar. Sekarang sangat kecil dan cenderung kotor.
Disana aku sering menghabiskan waktuku untuk membaca. Tidak banyak yang bisa aku baca waktu itu. Pagaralam adalah kecamatan, yang jauh dari kota besar. Tidak ada toko buku besar yang menjual berbagai macam buku. Toko buku kebanyakan hanya menjual keperluan sekolah. Untungnya, ada taman bacaan yang buka disana. Seingatku ada dua.
Buku dan majalah lama yang tersedia disanalah santapan bacaanku waktu itu.

Dan salah satu tempat favoritku lainnya adalah belakang rumahku sendiri. Teman, dibelakang rumahku ada sungai yang dibuat bendungan. Sampai sekarang bendungan itu masih ada, tapi sekarang bendungannya sudah terbuat dari beton, tidak kayu seperti dulu. Dibelakang rumahku ini, aku paling banyak menghabiskan hari-hari masa kecilku.
Ini photo sungai belakang rumahku. (Sebenarnya photo ini akan terlihat lebih baik kalau tidak ada aku disana)


Nah, sekarang kebiasaan membaca ditempat indah itu, kambuh lagi sekarang. Hampir setiap sore, aku selalu membawa buku untuk dibaca di tempat-tempat yang indah.
Menurutku, pengalaman membacanya lebih menyenangkan, ketika dibaca di tempat-tempat yang indah. Saat ini ada dua tempat yang sering kukunjungi sore hari untuk membaca. Yaitu perkebunan teh dilereng gunung Dempo dan danau kecil bernama Tebat Gheban.




Diperkebunan teh ini, biasanya aku selalu mencari sudut-sudut yang berbeda untuk berhenti dan mulai membaca sambil menikmati hamparan hijau.
Dan ini Tebat Gheban :



Tempat yang bagus, untuk menikmati sore hari dan berpetualang dalam buku.

Tidak ada komentar: