Jumat, 18 Februari 2011

Guruku sayang, Muridmu ini Malang.

Pendapat Prof. Arif Rahman dalam Kick Andy malam ini, bener-bener menggambarkan bagaimana inginnya gw punya guru yang kreatif dan inovatif waktu sekolah dulu.

Jaman SMA adalah episode terburuk gw sebagai pelajar.
Gw males belajar. Baca buku pelajaran berat banget rasanya.
Salah satu gambaran parahnya, dari kelas 1 sampai lulus SMA. Gw cuma punya 6 buah buku tulis, dipake buat seluruh mata pelajaran selama 3 tahun.
Bahkan sampai tamat pun, 6 buah buku itu gak pernah penuh terisi. Kasihan sih sebenarnya ama buku-buku itu. Mungkin mereka berharap akan dipensiunkan tiap kali kenaikan kelas. Tapi harapan mereka gak pernah gw kabulkan. Mereka dipaksa menemani gw sampai 3 tahun. Kasihan sekali buku-buku itu...

Kelas 1 yang paling berantakan, satu-satunya pelajaran yang gw sukai adalah Bahasa Indonesia. Itu karena guru yang mengajar adalah salah satu guru favorit gw. Ibu Kutarni. Beliau membawa suasana lain tiap kali mengajar, sangat menarik. Beliau jugalah orang pertama yang membuat gw percaya diri untuk kritis. Tugas menulis yang diberikan beliau untuk diseleksi dan ditempel di Mading sekolah, membuat gw jadi terkenal mendadak.
Gw jadi tukang protes kelas kakap. Minoritas dijamannya. (Akan gw post tersendiri tentang cerita ini)

Kelas 2 SMA, gw jatuh cinta ama kimia. Ini karena gw ikut les pelajaran Kimia.
Bu Nyayu, guru les tercinta, membuat gw suka pelajaran Kimia. Alasan sebenarnya dibalik itu adalah Bu Nyayu itu sendiri. Sebagai guru muda, beliau menempatkan dirinya dengan baik. Jarak antara guru dan murid gak begitu jauh ketika belajar dengan beliau. Kita bisa ngobrolin banyak hal, termasuk masalah pacar. Bahkan pernah suatu hari beliau menyarankan , untuk jangan pacaran ama seorang gadis, adik kelas gw. "Terlalu genit buat Franky", begitu alasan beliau. Aku memang terlihat seperti anak baik waktu itu. Sekarang pun masih. Mungkin. Entahlah..

Gw selalu suka kalo guru nya OOT (Out Of Topic). Seneng aja kalo didepan kelas, gurunya bicara tentang hal-hal lain diluar pelajaran. Itulah kenapa gw gak pernah dapat rangking 1 dikelas. Gw lebih tertarik materi diluar pelajaran. Kalaupun gw rajin banget waktu itu, mungkin gak akan dapat rangking 1 juga. Kapasitas otak gak memadai.

Pelajaran Biologi juga menarik ketika kelas 2 SMA. Bab anatomi tubuh manusia, khususnya alat reproduksi. Sungguh mencerahkan.

Sebenarnya gak bisa menyalahkan guru juga sih, tugas mereka kan mengajar, sesuai kurikulum.
Gw aja yang aneh.
Datang ke sekolah ya buat belajar. Nah, gw maunya kayak sanggar seni. Kita bebas berekspresi.
Anak sekolahan yang aneh.
Mungkin ini akibat terlalu banyak baca dan nonton tv. Terinspirasi oleh tokoh-tokoh tak nyata.
Kadang merasa bisa berbuat seperti super hero.
Padahal gw adalah intruder dari kehidupan nyata guru dan teman-teman sekolah.

2 komentar:

Robby mengatakan...

Emang dulu sekolah dimana?
Ha..ha..
Komen ini menunjukkan blog anda telah dikunjungi robby ari sanjaya dari www.arisanjaya23.blogspot.com

frankz mengatakan...

hahha...entahlah. tapi anda kan teman yang selalu satu sekolah dengan saya sejak SD sampa SMA.